Penilaian kredit sepertinya merupakan konsep yang mudah. Namun, semua informasi keuangan yang diberikan kepada konsumen membingungkan. Anda dapat melihat skor berganda dan berbagai kriteria yang digunakan oleh bank, perusahaan kartu kredit, dan pemberi pinjaman lainnya. Berapa skor kredit Anda yang sebenarnya? Baca terus untuk ikhtisar skor kredit dan apa artinya bagi populasi umum.

Metode penilaian semua umumnya menggunakan statistik dan analisis untuk menentukan pembayaran kredit konsumen dari waktu ke waktu. Mereka semua digunakan oleh pemberi pinjaman dan lembaga keuangan untuk memfasilitasi pemberian kredit, pinjaman, dan hipotek kepada individu. Riwayat pembayaran, utang keseluruhan, jumlah kartu, dan informasi lainnya digunakan di sebagian besar model penilaian.

Sejarah Skor Kredit

Sampai tahun 1970-an sistem penilaian kredit bukanlah cara yang ditentukan untuk menentukan kelayakan kredit. Lembaga keuangan menggunakan metrik manusia seperti hubungan pribadi dengan klien, bahasa tubuh, dan percakapan awal. Pemodal sering berbagi informasi di seluruh industri ketika mereka memiliki klien bersama. Hasilnya sering menyesatkan dan lembaga keuangan sendiri menderita kerugian terkait dengan konsumen yang tidak dapat diandalkan.

Equifax, sekarang biro kredit 3 besar, membuka jalan bagi pengumpulan informasi kredit masa depan sebagai perusahaan pertama yang beroperasi dengan tujuan mengumpulkan data konsumen. TransUnion mengikuti Equifax pada 1960-an. Pengumpulan data pada 1960-an termasuk informasi yang tidak relevan tentang kebiasaan pribadi, sifat buruk, dan opini. Tingkat informasi yang salah dan ketidakpercayaan oleh populasi umum akhirnya menyebabkan berlakunya Undang-Undang Pelaporan Kredit yang Adil pada tahun 1970, yang mengatur pengumpulan data dan sirkulasi informasi kredit konsumen.

FICO (Fair Isaac Corporation) dikenal sebagai metode penilaian kredit universal. Tiga biro kredit utama di AS semuanya menggunakan skor FICO dalam dokumen pelaporan kredit mereka. Lebih dari 80 negara di seluruh dunia juga menggunakan informasi FICO untuk meningkatkan proses bisnis. FICO membantu konsumen mengelola kesehatan kredit di seluruh dunia melalui analitik dan informasi pelaporan mereka.

Perusahaan ini didirikan pada tahun 1956 dan sekarang 95% dari lembaga keuangan terbesar di Amerika Serikat memanfaatkan informasi FICO dalam bisnis sehari-hari. Seratus miliar nilai kredit FICO telah terjual sejak perusahaan mulai mencetak gol.

FICO mulai berbagi informasi kredit dengan bisnis pada akhir 1950-an ketika perusahaan mulai. Pada tahun 1987, skor individu FICO menjadi lebih banyak tersedia bagi para profesional pemberi pinjaman. Baru pada tahun 2003, dengan disahkannya Undang-Undang Transaksi Kredit yang Adil dan Akurat, informasi kredit disediakan secara cuma-cuma bagi konsumen setahun sekali.

VantageScore dimulai pada tahun 2006 sebagai kolaborasi antara tiga biro pelaporan kredit utama. Experian, TransUnion, dan Equifax mengembangkan VantageScore untuk meningkatkan teknik mereka dalam menganalisis data. Perusahaan berfokus pada penyediaan informasi konsumen secara akurat dalam konteks data ekonomi yang relevan. Mereka berdedikasi untuk menemukan solusi dan menstandarisasi set data konsumen tertentu di ketiga biro.

Sistem ini telah diadopsi oleh lembaga keuangan besar dan pemberi pinjaman sebagai alternatif dari FICO. Sekitar 10% dari total pasar menggunakan VantageScore saat ini. "Kartu laporan kredit" VantageScore tersedia untuk konsumen secara gratis pada 2013. Pasar konsumen kemungkinan akan melihat peningkatan dalam penggunaan VantageScore sebagai pesaing langsung FICO.

Mengapa, jika semua informasi ini diatur dan dibagikan ke seluruh industri, apakah kami menerima skor berbeda dari masing-masing agen pelaporan kredit? Yang benar adalah bahwa semua biro kredit utama – Equifax, TransUnion, dan Experian – melihat informasi kredit secara berbeda. Perusahaan menerima informasi keuangan Anda yang relevan pada waktu yang berbeda. Jika pernyataan kartu kredit belum terbayar ketika data dikirim ke biro, skor kredit Anda mungkin terpengaruh oleh informasi itu.

Lembaga keuangan sebenarnya mengandalkan banyak skor untuk menentukan kriteria masing-masing untuk memberikan kredit. FICO sendiri menawarkan lebih dari 50 skor unik. Konsumen yang menerima laporan kredit hanya melihat pilihan informasi yang dianggap paling bermanfaat. Skor yang diarahkan konsumen ini seringkali sangat berbeda dari angka yang akan dievaluasi oleh lembaga keuangan. Mereka bersifat mendidik dan digunakan untuk memberi konsumen rasa kelayakan kredit secara keseluruhan.

Perusahaan individual juga dapat menerapkan persamaan penilaian mereka sendiri. Pada akhirnya, mungkin ada skor yang berbeda dari FICO, VantageScore, Experian, Equifax, TransUnion, dan perusahaan independen. Begitu banyak angka yang mengambang membuat sulit bagi konsumen rata-rata untuk memahami angka mana yang harus dievaluasi untuk keuangan pribadi.

Di mana mencarinya

Mereka yang ingin merasakan posisi keuangan secara keseluruhan dapat melihat metode penilaian apa pun untuk mendapatkan gambaran yang masuk akal. Jika Anda mencoba menentukan bagaimana skor Anda akan ditampilkan kepada pihak lain, pemberi pinjaman atau bank, Anda mungkin lebih sulit menemukan informasi yang akurat. Tanyakan kepada pemberi pinjaman Anda metode penilaian mana yang digunakan untuk situasi Anda untuk menentukan di mana menemukan angka-angka spesifik yang terkait dengan pinjaman atau penyelidikan keuangan.

Skor kredit Anda yang sebenarnya, akurat, nyata tidak akan ditemukan dengan mengevaluasi satu skor. Formula yang memandu penilaian kredit sedikit berbeda, memberikan bobot lebih atau kurang pada faktor-faktor seperti sejarah kredit atau hutang yang belum terbayar. Sebagian besar dari kita tidak membutuhkan skor kredit 100% akurat. Keuangan pribadi dan pemahaman umum tentang situasi Anda dapat dicapai melalui perusahaan pemberi skor kredit utama.

Informasi lebih lanjut

Jika metodologi penilaian kredit masih membingungkan Anda, Anda tidak sendirian. Proses ini penuh dengan nuansa dan statistik yang sulit dipahami oleh mereka yang tidak berada di bidang keuangan. Hubungi layanan kredit dan konselor untuk informasi lebih lanjut tentang situasi unik Anda. Konsumen kadang-kadang membutuhkan bantuan dalam menentukan metode untuk meningkatkan skor kredit, serta memperebutkan informasi yang tidak akurat yang dapat menurunkan skor di semua model penilaian.

Lihatlah laporan kredit dari masing-masing dari 3 biro setidaknya setahun sekali. Setiap informasi yang tidak akurat atau menyesatkan mungkin perlu ditangani oleh Anda, konsumen, atau spesialis perbaikan kredit. Menemukan perusahaan yang berspesialisasi dalam hukum kredit akan memberi Anda ketenangan pikiran bahwa skor kredit Anda ada di tangan orang-orang yang tahu apa yang secara hukum dapat dilakukan untuk meningkatkan skor kredit Anda.

Artikel ini berasal dari Judi Bola yang merupakan website terpercaya di indonesia ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *